Menjelajahi Keindahan Deskripsi: Contoh Soal KD 4.6 Bahasa Inggris Kelas 10 Pilihan Ganda
Pendahuluan
Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran penting yang membekali siswa dengan kemampuan berkomunikasi secara global. Di kelas 10, salah satu Kompetensi Dasar (KD) yang menjadi fokus adalah KD 4.6, yaitu "Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis sederhana terkait tempat wisata dan/atau bangunan bersejarah terkenal." KD ini menuntut siswa untuk tidak hanya memahami teks deskriptif, tetapi juga mampu mengidentifikasi berbagai elemen di dalamnya serta menarik kesimpulan dari informasi yang disajikan.
Artikel ini dirancang untuk membantu siswa kelas 10 memahami lebih dalam KD 4.6, khususnya dalam menghadapi soal-soal pilihan ganda. Kami akan menguraikan esensi teks deskriptif, strategi efektif dalam menjawab soal, dan menyajikan serangkaian contoh soal yang relevan, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya. Tujuannya adalah agar siswa dapat meningkatkan kemampuan membaca, menganalisis, dan menjawab soal teks deskriptif dengan percaya diri.

I. Memahami KD 4.6: Teks Deskriptif (Descriptive Text)
Sebelum masuk ke contoh soal, penting untuk menguatkan pemahaman kita tentang apa itu teks deskriptif dan karakteristiknya.
A. Definisi Teks Deskriptif
Teks deskriptif adalah jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan sesuatu (orang, tempat, benda, atau hewan) secara rinci sehingga pembaca atau pendengar dapat membayangkan atau merasakan objek yang dideskripsikan seolah-olah mereka melihatnya sendiri. Teks ini berfokus pada detail sensorik: apa yang terlihat, terdengar, tercium, terasa, atau bahkan bagaimana rasanya.
B. Fungsi Sosial (Social Function)
Fungsi sosial utama dari teks deskriptif adalah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan ciri-ciri spesifik dari seseorang, tempat, atau benda. Ini berarti memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang apa yang dideskripsikan agar pembaca mendapatkan gambaran yang utuh dan akurat. Dalam konteks KD 4.6, fokusnya adalah pada tempat wisata atau bangunan bersejarah terkenal.
C. Struktur Teks (Generic Structure)
Teks deskriptif umumnya memiliki dua bagian utama:
- Identification (Identifikasi): Bagian ini memperkenalkan atau mengidentifikasi objek yang akan dideskripsikan. Biasanya berisi pernyataan umum tentang apa atau siapa yang akan dideskripsikan.
- Contoh: "Borobudur Temple is a magnificent Buddhist temple located in Central Java, Indonesia."
- Description (Deskripsi): Bagian ini berisi detail-detail spesifik tentang objek yang dideskripsikan, seperti karakteristik fisik, kualitas, bagian-bagiannya, warna, ukuran, lokasi, fungsi, dan sebagainya. Ini adalah bagian yang paling banyak menggunakan kata sifat (adjectives).
- Contoh: "It is built with nine stacked platforms, six square and three circular, topped by a central dome. The temple is adorned with 2,672 relief panels and 504 Buddha statues."
D. Ciri Kebahasaan (Language Features)
Beberapa ciri kebahasaan yang umum ditemukan dalam teks deskriptif meliputi:
- Penggunaan Simple Present Tense: Karena teks deskriptif menggambarkan fakta atau ciri-ciri yang bersifat permanen, maka Simple Present Tense sering digunakan.
- Contoh: "The temple is made of volcanic stone."
- Penggunaan Adjectives (Kata Sifat): Kata sifat digunakan secara ekstensif untuk memberikan detail dan membuat deskripsi lebih hidup.
- Contoh: "magnificent, ancient, tall, beautiful, intricate, massive."
- Penggunaan Nouns (Kata Benda) Spesifik: Menggunakan kata benda yang spesifik untuk objek yang dideskripsikan.
- Contoh: "temple, statue, relief, dome, platform."
- Penggunaan Action Verbs (Kata Kerja Aksi): Meskipun tidak sebanyak kata sifat, kata kerja aksi dapat digunakan untuk menggambarkan tindakan atau keadaan.
- Contoh: "stands, features, rises, holds."
- Penggunaan Adverbs (Kata Keterangan): Untuk memberikan detail lebih lanjut tentang bagaimana atau di mana sesuatu berada.
- Contoh: "centrally, beautifully, intricately."
II. Strategi Menghadapi Soal Pilihan Ganda Teks Deskriptif
Menjawab soal pilihan ganda teks deskriptif membutuhkan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:
- Baca Soal Terlebih Dahulu (Skimming Questions): Sebelum membaca teks secara keseluruhan, luangkan waktu sebentar untuk membaca pertanyaannya. Ini akan membantu Anda mengetahui informasi apa yang perlu Anda cari dalam teks.
- Baca Teks Secara Menyeluruh (Skimming & Scanning):
- Skimming: Baca teks dengan cepat untuk mendapatkan gambaran umum dan memahami konteksnya. Identifikasi topik utama dan tujuan penulis.
- Scanning: Setelah membaca soal, pindai teks untuk menemukan informasi spesifik yang relevan dengan setiap pertanyaan. Fokus pada kata kunci dalam pertanyaan.
- Identifikasi Gagasan Utama (Main Idea): Pertanyaan tentang gagasan utama (main idea) atau tujuan teks (social function) sering muncul. Gagasan utama biasanya ditemukan di bagian identifikasi atau dapat disimpulkan dari keseluruhan teks.
- Pahami Detail Spesifik (Specific Information): Banyak pertanyaan akan menanyakan detail-detail tertentu. Pastikan Anda menemukan informasi yang tepat dalam teks untuk menjawabnya. Perhatikan angka, nama, tanggal, dan deskripsi fisik.
- Pahami Makna Kata dalam Konteks (Vocabulary in Context): Jika ada pertanyaan tentang makna kata, baca kalimat di sekitar kata tersebut. Konteks kalimat seringkali memberikan petunjuk tentang artinya.
- Identifikasi Referensi Kata Ganti (Pronoun Reference): Pertanyaan seperti "What does ‘it’ refer to?" atau "Who does ‘they’ refer to?" mengharuskan Anda untuk melacak kata ganti ke kata benda yang digantikannya dalam teks.
- Tarik Kesimpulan/Inferensi (Inference): Beberapa pertanyaan mungkin meminta Anda untuk menarik kesimpulan dari informasi yang tidak disebutkan secara eksplisit. Gunakan petunjuk dalam teks untuk membuat inferensi yang logis.
- Eliminasi Jawaban yang Salah: Jika Anda ragu, coba eliminasi pilihan jawaban yang jelas-jelas salah. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk memilih jawaban yang benar.
- Manfaatkan Waktu dengan Baik: Jangan terpaku pada satu pertanyaan terlalu lama. Jika sulit, lewati dulu dan kembali lagi nanti.
III. Contoh Soal KD 4.6 Bahasa Inggris Kelas 10 Pilihan Ganda
Mari kita terapkan strategi di atas dengan contoh teks deskriptif dan serangkaian soal pilihan gandanya.
Teks untuk Soal No. 1-7
Borobudur Temple
Borobudur Temple is a magnificent Buddhist temple located in Central Java, Indonesia. It is the largest Buddhist temple in the world and one of the greatest Buddhist monuments. Built in the 9th century during the reign of the Sailendra Dynasty, Borobudur is a masterpiece of ancient Indonesian architecture and a UNESCO World Heritage Site.
The temple is constructed in the form of a gigantic three-dimensional mandala, symbolizing the Buddhist cosmology. It consists of nine stacked platforms, six square and three circular, topped by a central dome. The square platforms are adorned with 2,672 relief panels depicting stories from Buddhist scriptures, while the circular platforms feature 72 openwork stupas, each containing a statue of Buddha. The main dome, the largest stupa, sits at the very top, representing enlightenment.
Visitors can walk around the temple’s walkways, starting from the base and ascending to the summit. As they ascend, they follow a path that symbolizes the journey of the soul from the realm of desire to the realm of form and ultimately to the realm of formlessness, or Nirvana. The intricate carvings and the sheer scale of the temple are breathtaking, making it a truly awe-inspiring place of worship and a popular tourist destination. Its historical significance and spiritual atmosphere attract millions of visitors from all over the world every year.
Soal Pilihan Ganda:
-
What is the main idea of the first paragraph?
A. The historical background of the Sailendra Dynasty.
B. The location and significance of Borobudur Temple.
C. The process of building ancient Indonesian temples.
D. The reasons why Borobudur is a UNESCO World Heritage Site. -
According to the text, what does the structure of Borobudur Temple symbolize?
A. The journey of ancient kings.
B. The strength of the Sailendra Dynasty.
C. The Buddhist cosmology.
D. The process of building a gigantic monument. -
How many relief panels adorn the square platforms of Borobudur Temple?
A. 72
B. 504
C. 2,672
D. 9 -
The word "adorned" in the second paragraph is closest in meaning to…
A. built
B. covered
C. decorated
D. surrounded -
"It" in the first paragraph refers to…
A. Central Java
B. Borobudur Temple
C. The Sailendra Dynasty
D. UNESCO World Heritage Site -
Which of the following statements is TRUE about Borobudur Temple, based on the text?
A. It was built in the 10th century.
B. It has 504 openwork stupas on its circular platforms.
C. The main dome represents the realm of desire.
D. Visitors can ascend the temple to symbolize a spiritual journey. -
What is the social function of this descriptive text?
A. To persuade readers to visit Borobudur Temple.
B. To inform readers about the history of Buddhism.
C. To describe Borobudur Temple and its features.
D. To explain the architectural style of ancient temples.
Kunci Jawaban dan Pembahasan:
-
Jawaban: B. The location and significance of Borobudur Temple.
- Pembahasan: Paragraf pertama memperkenalkan Borobudur Temple, lokasinya di Jawa Tengah, statusnya sebagai candi Buddha terbesar di dunia, dan pengakuan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah inti dari paragraf pembuka. Pilihan A terlalu sempit, C tidak disebutkan secara eksplisit, dan D adalah detail dari B.
-
Jawaban: C. The Buddhist cosmology.
- Pembahasan: Pada paragraf kedua kalimat pertama disebutkan, "It is constructed in the form of a gigantic three-dimensional mandala, symbolizing the Buddhist cosmology." Ini secara eksplisit menyatakan simbolisme di balik strukturnya.
-
Jawaban: C. 2,672
- Pembahasan: Pada paragraf kedua, disebutkan "The square platforms are adorned with 2,672 relief panels depicting stories from Buddhist scriptures…" Angka 72 adalah jumlah stupa, dan 504 adalah jumlah patung Buddha, bukan panel relief.
-
Jawaban: C. decorated
- Pembahasan: Kata "adorned" berarti dihiasi atau dipercantik. Dalam konteks "platforms are adorned with relief panels," ini berarti panel-panel tersebut digunakan untuk menghias atau mendekorasi platform. Pilihan "covered" (ditutupi) tidak sepenuhnya tepat karena "adorned" lebih menekankan pada estetika atau hiasan.
-
Jawaban: B. Borobudur Temple
- Pembahasan: Kalimat pertama paragraf pertama adalah "Borobudur Temple is a magnificent Buddhist temple located in Central Java, Indonesia." Kalimat berikutnya adalah "It is the largest Buddhist temple in the world…" Kata "It" di sini jelas merujuk pada subjek utama kalimat sebelumnya, yaitu "Borobudur Temple."
-
Jawaban: D. Visitors can ascend the temple to symbolize a spiritual journey.
- Pembahasan:
- A. Salah. Teks menyebutkan dibangun pada abad ke-9, bukan ke-10.
- B. Salah. Teks menyebutkan 72 stupa, masing-masing berisi satu patung Buddha (total 504 patung Buddha), bukan 504 stupa.
- C. Salah. Teks menyebutkan "The main dome, the largest stupa, sits at the very top, representing enlightenment," bukan realm of desire.
- D. Benar. Paragraf ketiga menyatakan, "As they ascend, they follow a path that symbolizes the journey of the soul from the realm of desire to the realm of form and ultimately to the realm of formlessness, or Nirvana."
- Pembahasan:
-
Jawaban: C. To describe Borobudur Temple and its features.
- Pembahasan: Fungsi sosial teks deskriptif adalah untuk menggambarkan secara detail. Seluruh teks ini berfokus pada penggambaran Borobudur Temple, lokasinya, strukturnya, ciri-ciri arsitekturnya, dan pengalaman pengunjung. Pilihan A terlalu mengarah pada persuasi (yang lebih ke recount atau advertisement), B terlalu umum, dan D terlalu sempit.
IV. Variasi Teks Deskriptif Lainnya
Selain tempat wisata, KD 4.6 juga mencakup bangunan bersejarah. Contoh teks deskriptif dapat berupa:
- Bangunan Bersejarah: The Colosseum (Roma, Italia), Taj Mahal (Agra, India), Piramida Giza (Mesir), Candi Prambanan (Indonesia).
- Tempat Wisata Lain: Raja Ampat, Gunung Bromo, Pantai Kuta.
Karakteristik kebahasaan dan struktur teksnya akan tetap sama, hanya objek yang dideskripsikan yang berbeda.
V. Tips Tambahan untuk Belajar KD 4.6
- Perbanyak Membaca Teks Deskriptif: Semakin banyak Anda membaca, semakin akrab Anda dengan struktur, kosakata, dan gaya bahasa teks deskriptif.
- Buat Catatan Kosakata: Saat membaca, catat kata-kata sifat (adjectives) dan kata benda (nouns) baru yang berhubungan dengan deskripsi. Pelajari artinya dan bagaimana menggunakannya.
- Latihan Menulis Teks Deskriptif Sederhana: Cobalah mendeskripsikan tempat wisata atau bangunan bersejarah di sekitar Anda. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana informasi diorganisir dan kata-kata dipilih.
- Manfaatkan Sumber Belajar Online: Banyak situs web atau video YouTube yang menyediakan contoh teks deskriptif atau latihan soal.
- Perhatikan Detail: Dalam teks deskriptif, detail adalah kuncinya. Latih mata Anda untuk menangkap informasi spesifik seperti angka, warna, ukuran, dan bentuk.
Kesimpulan
KD 4.6 Bahasa Inggris Kelas 10 tentang teks deskriptif adalah kompetensi penting yang menguji kemampuan siswa dalam memahami, menganalisis, dan menarik informasi dari sebuah teks. Dengan memahami fungsi sosial, struktur teks, dan ciri kebahasaan teks deskriptif, serta menerapkan strategi yang efektif dalam menjawab soal pilihan ganda, siswa dapat meningkatkan performa mereka secara signifikan.
Latihan yang konsisten dengan berbagai jenis teks deskriptif, baik tentang tempat wisata maupun bangunan bersejarah, akan membiasakan Anda dengan berbagai variasi informasi yang mungkin muncul. Ingatlah, kunci keberhasilan adalah membaca dengan teliti, memahami konteks, dan melatih kemampuan inferensi Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dalam perjalanan belajar Bahasa Inggris Anda!



